Sabtu, 29 Desember 2012

Jurusan Masa Depan,Teknik Fisika / Engineering Physics. Prospek? Luar Biasa!




buat anak anak sma kelas 3 yang masih galau jurusan
FT (Teknik Fisika) adalah pilihan yang sangat prospek looh!!!

bisa di minyak & gas,renewables macem geothermal,petrokimia,elektronik,konstruksi dan lain lain

jurusan masa depan banget deh

kita belajar


automasi industri (robotics,plc,hmi's etc)

energi terbarukan (geothermal,solar panels etc) 

photonics & optics (laser,optics etc)

material engineering (nanotech,carbon composites etc)
building physics & acoustic/sound engineering

Electromagnet applications dan lain lain

ini jurusan cuma ada di 5 perguruan tinggi kok

kenapa cuma 5?

karena dosen dan ilmunya relatif baru baru jadi susah didiriin 

tapi ga baru amat kok di indonesia ini .. udah 60 TAHUN!!

dirut pertamina,bu karen aja alumni FT
menristek juga FT
fadel muhammad juga FT
boss suatu perusahaan telekomunikasi jg dari FT

banyak yang terkenal kok cuma ya ga disebut aja jurusannya
yang ga terkenal juga banyak wong udah 60 tahun

banyak yang ke jepang jerman amerika kemana mana deh
atau di sini sini juga buat kerja jadi engineer

jarang banget anak FT ini nyasar ke bank soalnya gampang dpt kerjaan
karena lulusan pertaun cuma ya 400-600
kalo jurusan lain bisa ribuan-belasan ribu
saingan dikitt

FT ini berguna untuk kerja di industri dan perkembangan teknologi masa depan
bukan sekedar teori

ini bukan fisika fmipa yang berorientasi riset dan penelitian akademia
meskipun ya bisa nyeleneh jadi reseacher maupun inventor 

TEKNIK FISIKA INI TOTALITAS APLIKASI !!






Apa Itu Teknik Fisika?

Nama asli Teknik Fisika sebenarnya adalah Fisika Teknik (Engineering Physics bukan Physics Engineering). Jurusan ini dibawa para dosen Belanda yang dulu mengajar di ITB.Diubah menjadi Teknik Fisika karena dulu di ITB ada tuntutan agar semua Teknik menyeragamkan namanya dengan nama Teknik ada didepan. Tapi bagaimanapun, internal Teknik Fisika tetap pada pendirian. anak Teknik Fisika sering disebut FT (di ITB) dan Fistek (di UGM). Keduanya singkatan dari Fisika Teknik.

Secara kurikulum, Fisika Teknik berperan menjadi jembatan bagi ilmu science (MIPA) dan ilmu Teknik. Teknik-teknik mapan meskipun selalu menyesuaikan diri, namun tetap tidak mampu mengcover setiap perkembangan yang ada. Disini Fisika Teknik bertugas mengcover ilmu-ilmu baru yang tidak mampu ditangani teknik-teknik mapan. Akhirnya di Indonesia mulai muncul keilmuan nanomaterial (FT ITB), Fotonika (Teknik Fisika ITS) dan Energi Terbarukan (Fistek UGM).


Di Fisika Teknik, dalam 4 semester pertama akan dipelajari semua bidang teknik dan dasar matematika serta fisika yang sangat kuat. Dari Arsitek, Elektro, Komputer, Mesin, Kimia, kecuali Geologi. Apakah ini membuat mhs Fisika Teknik kurang expert?? Tentu saja tidak. Dengan mempelajari semuanya, mahasiswa dituntun untuk melihat potensi dan minat sebenarnya. Kemudian, baru ia memilih mana yang akan ia tekuni dalam 4 semester terakhir. Ada beberapa peminatan dalam dunia Teknik Fisika (saya mengambil dari perspektif UGM tapi secara umum sama)


Dimana Saja Program Studi Teknik Fisika Berada?

-Institut Teknologi Bandung (ITB) 60 tahun

-Universitas Gadjah Mada (UGM) 14 tahun

-Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) 45 tahun

-ITT Telkom 3 tahun

( baru banget loh ini tanda bahwa FT sangat booming )

-Universitas Nasional (UNAS) 22 tahun


Bagaimana Prospek Teknik Fisika?



Fisika Teknik jelas bisa memasuki semua area bidang kerja. Dengan keilmuan dasar yang sangat kuat, alumni Fisika Teknik sangat mudah mengembangkan diri termasuk menyeberang bidang keilmuan. Banyak teknik mapan yang kurang memperhatikan dasar. Pada akhirnya ketika teknologi semakin maju ia tidak mampu mengembangkan diri karena secara dasar kurang.

Sebagai jembatan MIPA dan Teknik, dasar Fisika dan Matematika di Fisika Teknik sangat kuat, mungkin cuma kalah sedikit dari mahasiswa Matematika dan Fisika. Dalam beberapa perlombaan olimpiade teknologi Fisika, justru yang menjadi juara bukan mhs Fisika tapi dari Fisika Teknik.


Lingkup kerja / Prospek Kerja Fisika Teknik meliputi : Telekomunikasi, Industri proses, petrokimia, minyak dan gas, energi, industri elektronika, teknologi informatika, kedokteran, pengendalian satelit dan peluru kendali, NASA, kontraktor bangunan, departemen energi, departemen pekerjaan umum, BATAN, departemen komunikasi dan informasi, kontraktor migas dan telekomunikasi, EPC, Konsultan umum dan migas, dosen di semua bidang teknik dll~

8 komentar:

  1. Terima kasih infonya.......
    Sy baru tahu teknik fisika luar biasa......tahun ini 2014 anak saya lulus di Fisika Teknik UGM lewat jalur undangan.... dan juga lulus tes di sekolah ikatan dinas STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik) dan lagi menunggu tes psikotes, wawancara, dan tes kesehatan). Saya selaku orang tua lebih memilih STIS krm bisa kerja cepat.... tapi anak saya lebih memilih Fisika Teknik ... namun tetap tidak mengecewakan harapan orang tua artinya kalau lulus di STIS.... ikut orang tua aja karena rdhonya orang tua ridhoNya Allah. Dengan membaca posting ini,sy banyak tahu prospek jurusan Fistek ini..... hati saya merintih melihat anak saya lesu kurang semangat karena kami kurang merespon pillihannya itu karena biaya pangkalnya terlalu berat (mahal).... dibanding STIS yang biaya kuliah gratis dapat uang saku dan selesai kuliah langsung kerja (PNS)..... Setelah membaca posting ini... Insya Allah sy akan dukung pilihan anakku di Fistek UGM karena sy tidak meragukan kemampuannya di bidang fisika yang sudah dibangun sejak SMP (prestasi medali emas OlyFis Nasional SBI dan prestasi diberbagai ajang lomba fisika) ..... meskipun kemampuan ekonomi kami terbatas... kami akan terus mendukung cita-citanya sejak kecil untuk menjadi Ilmuan Fisika di era modern.... Sekali lagi terima kasih infonya .... Doa anak saya dijabah Allah.... Mudah-mudahan anakku selalu diberikan kemudahan, kemampuan, kesehatan, dan rezki yang tak terhingga untuk mewujudkan harapannya......... Amin.... Amin.... Amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya bangga,, salut dan terharu sama ibu...punya anak super pintar...pilihan ibu ke STIS jg gak salah,..smg yg terbaik buat anak ibu,.amiin

      Hapus
  2. gan.... ngomong2 tentang fisika teknik, org fisika teknik itu bisa jadi tentor atw guru gx gan?

    dan, untuk para adek2 sma yg ingin masuk ke tf, ap saja yg mereka perlu pelajari? ilmu tambahan?

    BalasHapus
  3. nice info, bener banget emang di teknik fisika jalur peminatannya banyak banget

    BalasHapus
  4. Gan, kasih saran dong, aku udah dapet fustek di telkom university, dan mau daftar snmptn di itb taapi taakut saingannya banyak, dan bingung juga sih mau di itb atau ugm soalnyaa di ugm ada alumni yg kuliah disana tapi bukan di jurusan fistek

    BalasHapus
  5. Gan , tolong bisa di tambah dikit ga ?
    Ada juga tehnik fisika di STTM (sekolah tinggi teknologi mutu ) Muhammadiyah (Tiga raksa , Tangerang )

    BalasHapus
  6. Anak saya juga baru saja lulus melalui jalur sbmptn di jurusan tehnik fusika institut tehnologi sumatera. Lampung
    Saya buta sema sekali dengan jurusan pilihan anak saya tsb.
    Sebagai orang tua ada kegalauan karena tdk tau bagaimana prospek kerja nya nanti di masa yg akan dtg. Belum lagi jurusan ini juga baru di buka tahun ini di institute tehnologi sumatera. Yg tentu saja akreditasi utk jurusan ini blm terlaksana krn baru saja di buka.
    Membaca artikel di atas ada sedikit pencerahan yg saya dapatkan
    Namun balik lagi ke persoalan akreditasi tadi masih menjadi ganjalan di hati saya
    Mohon pencerahan lagi dari rekan rekan semua

    BalasHapus